Sedapnya Es Kelapa Kopyor di Kios Kopyor Bogor

Halo Pejalan Santai,

Kalian tahu kelapa kopyor? Kelapa kopyor ternyata adalah buah kelapa yang mengalami kelainan genetik. Nama latinnya adalah Cocos Nucifera Var. Makacino. Ciri kelapa kopyor adalah daging buahnya yang terlepas dari tempurungnya juga ambyar atau agak hancur. Selain itu, airnya juga sedikit tak seperti kelapa biasa. Aroma kelapanya pun khas. 

Sedapnya Es Kelapa Kopyor di Kios Kopyor Bogor

Ciri-ciri ini adalah hasil mutasi spontan kepala di bagian mayang. Perubahan ini biasanya terjadi setelah pembuahan. Kalian bisa mengenali kelapa ini jika digoyangkan maka terdengar bergerisik seperti berisi pasir dan bukan air. Harga kelapa kopyor ini lebih mahal dibandingkan kelapa biasa.

Pohon kelapa kopyor pun agak berbeda ya dengan pohon kelapa biasa. Batangnya tidak setinggi pohon kelapa lain. Buahnya pun lebih kecil dan berwarna kekuningan.

Sedapnya Es Kelapa Kopyor di Kios Kopyor Bogor

Sebelum datang ke sini, Mamaku heboh memamerkan tempat ini. Beberapa waktu lalu, ia dan teman-teman senamnya mampir minum di sana. Banyak foto-fotonya pula. Hehe. Pas aku ke Bogor, diajaklah aku mencicipi kopyor yang hits ini.

Ternyata, lokasinya jauh juga dari rumah orangtuaku di Bogor Timur. Namanya Kios Kopyor Bogor. Tempat kulineran ini baru dibuka dan selalu ramai dikunjungi orang di akhir pekan. Berlokasi di Kebun Percobaan Ciomas Jalan Jabaru II No. 28 Pasirkuda, Bogor Barat. Tempat ini baru dibuka Juli 2024 lalu dan dikelola oleh PPKS Unit Bogor PT Riset Perkebunan Nusantara (PT. RPN).

Sedapnya Es Kelapa Kopyor di Kios Kopyor Bogor

Ya, lokasinya terletak di tengah kebun kelapa kopyor. Begitu memasuki Kios Kopyor Bogor, kalian akan diberikan nomor antrean oleh petugas yang berjaga di depan. Setelah itu, silakan parkir di area parkir yang tersedia.

Selanjutnya, kita memasuki area perkebunan kelapa. Kebunnya luas tapi yang digunakan untuk kios adalah kebun di bagian paling depan. Di bawah deretan kelapa kopyor yang rapi ini, tersedia banyak meja dan kursi plastik. Kalian tinggal duduk senyamannya. Nah, di bagian depan ada konter yang akan memanggil nomor antrian kita.

Sedapnya Es Kelapa Kopyor di Kios Kopyor Bogor

Kamis lalu, aku dan orangtuaku mengunjungi kebun ini pada hari biasa, bukan akhir pekan. Jadi, pengunjungnya tidak terlalu ramai. Kebanyakan rombongan. Bahkan ada rombongan dari Jakarta Utara yang mampir ke sana setelah senam pagi di pusat kota.

Kami mendapatkan antrean nomor 15. Kalau akhir pekan, antreannya mengular bisa sampai antrean nomor 80an. Huhu. Tak lama, nomorku dipanggil. Menunya tentu saja kelapa kopyor. Kalian bisa membeli es kopyor dalam kemasan gelas plastik Rp15.000. Jika ingin tanpa sirup atau gula, segera infokan ke kasir ya karena kalau tidak bilang maka pesanan kita akan berupa es kopyor bersirup merah. Ada juga Dakocan yaitu soda kopyor cantik.

Sedapnya Es Kelapa Kopyor di Kios Kopyor Bogor

Terus, ada juga kelapa kopyor utuh yang disebut Kopyor Butir Kabayan (Kopyor asli dengan buah nikmat). Ada empat ukuran yang terkecil Rp36.000 per buah. Ada juga yang Rp46.000. Hingga yang jumbo sekitar Rp60.000an. Ada juga es krim kopyor Rp10.000. Selain menu es kopyor, ada minuman lain seperti es teh. 

Pilihan camilan ada kue sus, risoles, hmm, siomay, apa lagi ya? Setelah membayar bisa tunai, debet atau QRIS kita akan diberikan struk dan alat berbentuk bulat yang akan berbunyi jika pesanan kita selesai.

Sedapnya Es Kelapa Kopyor di Kios Kopyor Bogor

Asyik juga lho nongkrong bersama sahabat atau keluarga di kebun ini. Udaranya saat itu teduh sehingga nyaman untuk duduk-duduk di luar ruangan. Kita menikmati suasana kebun kopyor yang tentram sambil minum es kopyor yang segar. Berasa piknik lho. Asyik juga duduk-duduk di sini sambil baca buku atau nugas, hehe. 

Sedapnya Es Kelapa Kopyor di Kios Kopyor Bogor

Sedapnya Es Kelapa Kopyor di Kios Kopyor Bogor

Oh iya, sebaiknya kalau kalian main ke Kios Kopyor, jangan lupa untuk beli makanan dulu. Jadi, kalian bisa makan siang di sana. Saat itu, kami mampir beli bubur manado dan panada dulu baru cuss ke kebun. Jadi, nggak hanya minum es kopyor kami juga makan berat, hehe. So, tertarik nongkrong di sini? Sebaiknya sih jangan akhir pekan, dan lebih baik di pagi hari biar sinar matahari belum terik, ya. Semoga kalian bisa main ke Kios Kopyor Bogor, ya!

Comments

  1. Berarti boleh bawa makanan dari luar ya...?
    Ini viral banget..temanku akhir pekan lalu rombongan ke situ ya ampun antriiii
    Seger banget keknya ya, mending kalau ke sini hari kerja aja klo gitu

    ReplyDelete
  2. Saya sebetulnya kurang suka kelapa kopyor. Tapi, kalau lihat tempatnya kayaknya asik juga. Biasanya menikmat kelapa di tempat yang banyak pohon kelapanya kan kalau ke pantai. Saya belum pernah khusus ke kebunnya

    ReplyDelete
  3. kayaknya kalo ke sini pagi atau sore ya biar adem, etapi ada banyak pohon yang bisa bikin adem juga, btw penasaran sama rasa kelapa kopyornya pasti seger sih

    ReplyDelete
  4. Wah udah lama banget ngak minum es kelapa kopyor, di Tangerang harganya lumayan mahal dan agak susah nyari penjualnya, apa harus melipir ke Bogor dulu ya

    ReplyDelete
  5. Baca ini pas kebetulan cuaca Jakarta lagi panas-panasnya. Hmmm jadi mupeng banget. Seger pastinya ya. Mana lokasinya asik begitu.

    ReplyDelete
  6. Jadi kalau pengen maksimal menikmati sedapnya es kelapa kopyor di Kios Kopyor Bogor ini, datanglah jangan di akhir pekan, sinar matahari belum terik dan bawa makanan berat.
    Noted, Mak!

    Btw,
    Sepertinya aku pilih es kopyor yang tanpa sirup!

    ReplyDelete
  7. Aku awal nyobain es kopyor itu SD wkwkw, aduh enak banget kayak gabes lembut embut gitu deh. Agak aneh awalnya, kok kepala bisa kayak gini, dan harganya kan jaman dulu mehong ya. Baca tulisanmu jadi pengen es kopyor lagi deh

    ReplyDelete
  8. saat cuaca sedang tak menentu, memang paling enak minum es kelapa kopyor :D segeerrrr

    ReplyDelete
  9. Minum es kelapa kopyor di tengah-tengah kebun kelapa, dinaungi pohon kelapa dengan hawa sejuk, rasanya nikmat sekali ya mbak. Es kopyor memang rasanya lebih gurih daripada es kelapa muda,harganya juga lebih mahal. Favorit banget minum es kelapa kopyor.

    ReplyDelete
  10. molly kalo ke bogor lagi, mau nyoba juga kios kopyor. seger bgt duduk di kebun sambil minum es kopyor. gak kerasa pasti tau2 udah sore.

    ReplyDelete
  11. Kalo dari pagi bisa kelilingan dengan puas ya kak melihat kebun kelapa. Baru deh cuss santap makan siang sambil menikmati semilir angin yang sejuk

    ReplyDelete
  12. Keren sih ini konsepnya. Kebun Kelapa dijadikan untuk bisnis. Menjual langsung kelapanya yg masih kopyor menyegarkan.

    Asyik banget nih, bisa buat mebyegsrkan diri juga. Ngadem, dan nyqntai.

    ReplyDelete
  13. Segarnya es kopyor bogor ini
    Apalagi dinikmati di tengah kebun, anginnya pasti sepoi-sepoi
    Ah pasti nyaman menghabiskan waktu disini ya mbak
    Semoga klo ke Bogor aku pun bisa mencicipi kesegaran es kelapa kopyor bogor ini

    ReplyDelete
  14. Masya Allah, membayangkan aneka es kelapa kopyor jadi pengen. Menikmati es, sembari menikmati suasana kebun kelapa, jarang bisa dilakukan ya. Pastinya sangat menyenangkan ya

    ReplyDelete
  15. Wah ... kebayang asyiknya menikmati es kelapa kopyor di bawah pohon kelapa yang sejuk. Suasananya bener-bener bikin adem, ya. Eh, ternyata boleh bawa makanan dari luar, ya.

    ReplyDelete
  16. wah mak aku jadi tertarik nih ke sini. Selama tinggal sementara di Bogor ini aku belum kemana-mana hahahaha. baca artikel ini kayaknya aku harus menyempatkan diri nih mampir setelah ujian UTS ku selesai

    ReplyDelete
  17. Wah menarik juga wisata ke kebun kelapa kopyor. Kapan2 mau coba ah, weekday ya mendingan biar ga terlalu rame

    ReplyDelete
  18. Wah sedapnya kalau ditempatku agak susah cari es kopyor atau kelapa muda seperti ini

    ReplyDelete
  19. Ibuku juga seneng banget sama kopyor.
    Tapi di zaman sekarang, kopyor bisa direkayasa dengan bikin dri jelly. Da pasti beda rasanya yaa..
    Hehhee..
    Makanya kaguuum banget ada Kios Kopyor Bogor. Kopyornya asliiii...
    Ini asik bangeett.. keren bisa dapetin kopyor setiap harii.. mauu ke Bogoorr.. hehehe~

    ReplyDelete

Post a Comment